Alif News


Software Penerjemah Bahasa Alien
17 Oktober 2008, 12:35 pm
Filed under: Teknologi | Tag:

Misteri Tak Terungkap

Misteri Yang Tak Kunjung Terungkap

Keberadaan alien atau makhluk luar angkasa sampai sekarang masih dilingkupi misteri. Pun demikian, hal itu tak menghalangi ilmuwan di Inggris mengembangkan program komputer yang diklaim mampu untuk mengidentifikasi bahkan menerjemahkan pesan dari para alien.

Adalah seorang akademisi bernama Dr John Elliot dari Leeds Metropolitan University yang meyakini bahwa software ciptaannya setidaknya bakal bisa menguraikan struktur bahasa makhluk luar angkasa. Hal ini dapat menjadi langkah pertama untuk memahami apa yang ingin mereka sampaikan.

Program komputer yang dibesut Dr Elliot ini akan membandingkan bahasa para alien dengan database yang menampung 60 bahasa berbeda di dunia. Dari perbandingan ini akan dicari apakah ada persamaan struktur.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (17/10/2008), rupanya Dr Elliot percaya bahwa bahasa para alien pun punya pola yang bisa dikenali. Analisis bahasa juga dikatakan bisa mengungkap seberapa tinggi tingkat kepandaian mereka.

Jadi jika suatu ketika ada pesan yang dikirim makhluk luar angkasa, pesan itu bisa dibandingkan dengan database bahasa yang disusun Dr Elliot itu. Para ilmuwan kemudian lalu bisa menelitinya apakah bahasa yang digunakan alien berbeda atau ada kemiripan dengan bahasa yang ada di bumi.


3 Komentar so far
Tinggalkan komentar

apakah benar alien itu ada?

Komentar oleh khairul

sepertinya sich benar…karena waktu minggu kemarin,baru sampai di jakarta saya juga melihat sebuah benda asing yg berada di langit-langit yg jatuh rupanya,tadi pagi baru saja di beritakan di televisi.rupanya benda itu jatuh di daerah Bandung…

Komentar oleh dena

aslina ada gak sih alien itu?

Komentar oleh lkmd sobayan




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: