Alif News


Urus Negara 20 Jam/Hari,MAN Jatuh Sakit
28 Oktober 2008, 8:10 am
Filed under: Eksternal, Iran Hebat | Tag:

Ahmadinejad - Singa Padang Pasir

Politikus Singa Padang Pasir

Letih mengurusi tugas kenegaraan, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad terkulai sakit sejak Sabtu (25/10). Penurunan kondisi fisik mantan wali kota Teheran itu berbarengan dengan munculnya keraguan, apakah dia akan kembali maju atau tidak dalam pemilihan presiden tahun depan.

“Presiden akan segera sembuh dan melanjutkan tugas-tugasnya. Siapa pun bisa kelelahan karena beban kerja” kata Mohammad Ismail Kowsari, kawan Ahmadinejad sekaligus anggota parlemen Iran, kepada kantor berita IRNA kemarin.

Ahmadinejad drop karena mengerahkan tenaga dan pikirannya untuk mengurusi negara 20 jam sehari. Tanda-tanda penurunan kondisi politikus berjuluk Singa Padang Pasir itu terlihat ketika dia mendadak membatalkan pidato pada sebuah konferensi Rabu (22/10).

Seteru abadi AS itu juga tak hadir pada sidang kabinet di hari yang sama. Namun, Sabtu lalu (25/10) presiden yang kemarin genap berusia 53 tahun tersebut hadir pada upacara keagamaan di Teheran, meski wajahnya diselimuti gurat kelelahan. Bahkan, kemarin stasiun televisi milik pemerintah menayangkan gambar Ahmadinejad sedang menerima tamu dari tiga kedutaan besar negara lain.

Berita sakitnya seteru abadi AS itu dimanfaatkan oposisi untuk menyebarkan rumor tentang kepastian Ahmadinejad maju bertarung lagi pada pemilu tahun depan untuk masa jabatan kedua. Kebetulan, Ahmadinejad memang tengah kebanjiran kritik. Terutama mengenai krisis finansial yang tengah melanda negeri tersebut. Juga hubungan internasional yang memburuk akibat sanksi PBB karena Iran dituding melakukan pengayaan uranium untuk bahan dasar nuklir. Ahmadinejad juga dianggap gagal memenuhi janji kampanye untuk mendistribusikan kekayaan dari nilai penjualan minyak Iran bagi wilayah-wilayah miskin di negara itu.

“Menyebarkan isu untuk perang psikologis semacam itu tak akan berhasil,” kata Kowsari.

[jawapos]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: