Alif News


Gendut? Siapa Takut!
30 Oktober 2008, 5:27 am
Filed under: Hikmah, Sehat | Tag:

Makin Gendut Makin Mahal

Makin Gendut Makin Mahal

“Jangan makan sebelum benar-benar lapar, dan segeralah berhenti sebelum kenyang.” Begitulah anjuran yang ditekankan oleh Rasulullah saaw kepada kita. Selama ini kita mungkin tak pernah tahu persis, apa sebenarnya tujuan dan maslahat dari ungkapan singkat Rasulullah saaw tersebut. Namun belakangan diketahui bahwa hal tersebut ternyata merupakan resep paling jitu untuk menghindari gejala obesitas yang akhir-akhir ini menjadi salah satu ‘penyakit’ baru paling ditakuti di seluruh dunia.

“Semakin cepat Anda makan, semakin tinggi risiko Anda mengalami berat badan berlebih.” Demikian salah satu hasil temuan studi yang dilaksanakan Hiroyasu Iso dan timnya dari Universitas Osaka, Jepang. Iso dan kawan-kawan mengamati 1.122 pria dan 2.165 perempuan berusia antara 30 dan 69 tahun. Mereka diminta mencatat kebiasaan makan dan indeks massa tubuh mereka.

Sekitar separuh dari subjek penelitian pria dan lebih dari separuh perempuan mengatakan tidak berhenti makan sebelum kenyang. Kurang dari setengah pria dan lebih dari sepertiga perempuan dalam studi tersebut mengatakan mereka makan dengan cepat.

Dari fakta tersebut, terungkap bahwa mereka yang melahap makanan hingga kenyang memiliki kecenderungan dua kali lebih besar mengalami kelebihan berat badan ketimbang mereka yang tidak. Sementara itu, kecenderungan untuk mengalami kegemukan menjadi tiga kali lebih tinggi bagi orang-orang yang makan dengan cepat hingga kenyang.[miol]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: