Alif News


Derita Warga Irak : Tak Ada Pasokan, Air Kotorpun Diminum
31 Oktober 2008, 1:15 pm
Filed under: Derita Irak, Sehat | Tag:

Layanan kebersihan dan air serta perawatan kesehatan yang tak layak di kebanyakan wilayah Irak membuat jutaan orang menghadapi ancaman penyakit.

Entah Sampai Kapan Deritamu Berakhir

Entah Sampai Kapan Deritamu Akan Berakhir

“Telah ada peningkatan dalam beberapa bulan belakangan, baik dalam layanan keamanan maupun kebutuhan dasar. Tetapi masih sangat banyak orang Irak tak memiliki pilihan selain minum air kotor dan hidup dalam kondisi yang dapat merusak kesehatan,” kata Juan-Pedro Schaerer, pemimpin Komite Palang Merah Internasional (ICRC) di Irak.

“Ini mengarah kepada makin banyaknya jumlah orang sakit yang mengupayakan perawatan dalam sistem perawatan kesehatan yang sudah kewalahan,” kata Schaerer dalam satu pernyataan.

Menurut lembaga yang berpusat di Jenewa itu, sebanyak 40 persen dari seluruh warga Irak, terutama di wilayah pedesaan dan pinggir kota, masih hidup di dalam rumah yang tak memiliki pasokan air.

Bahkan rumah tangga yang memiliki saluran pipa biasa mengalami banyak masalah akibat sangat kurangnya perawatan dan banyaknya sambungan ilegal dengan jaringan kerja tersebut.

Terlebih lagi, banyak orang Irak harus hidup dengan ancaman kesehatan berupa sampah rumah tangga yang tak diangkut dan saluran pembuangan kotoran yang tak terawat.

Akibatnya ialah banyak orang terserang penyakit yang menular melalui air, sehingga makin membuat kewalahan klinik dan rumah sakit yang sudah berjuang menghadapi kekurangan sumber daya.

Air, kebersihan dan perawatan kesehatan termasuk di antara keprihatinan utama ICRC di Irak, kata lembaga itu. “Kami berencana secara bertahap meningkatkan bantuan kami ke seluruh Irak. Keperluan bertambah sepanjang waktu, meskipun ada upaya besar dari pemerintah dan bantuan kemanusiaan yang meningkat,” kata Schaerer.[miol]


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: