Alif News


Kesenjangan Digital Desa-Kota
12 Desember 2008, 9:50 am
Filed under: Cermin, Teknologi | Tag:

Perkembangan internet di Indonesia dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesenjangan digital. Pasalnya, pengguna internet tanah air saat ini masih didominasi warga di kota-kota besar.

Hidup Kami Belum Tersentuh Teknologi

Telepon Saja Masih Begini, Internet Apalagi

Ujung-ujungnya, jurang kesenjangan digital (digital devide) antara lapisan masyarakat ditakutkan bakal semakin menganga. Apalagi jika tidak ada antisipasi dari pemerintah untuk segera mengambil langkah kongkret.

“Yang ditakutkan adalah pengguna internet yang meningkat tersebut berada di kota-kota besar saja, bagaimana dengan daerah pedalaman,” ujar Yanuar Nugroho, peneliti ICT dan Masyarakat Sipil yang ditemui detikINET di sela acara bertajuk ‘ICT Sebagai Alat Perubahan Sosial bagi Masyarakat Sipil’ yang diadakan di Hotel Bumi Karsa, Pancoran, Jakarta, Jumat (12/12/2008).

Dipaparkannya, dari hasil survei yang dilakukan pada akhir 2004, sekitar 94 persen dari responden Civil Society Organization (CSO) menyebutkan, 86,94 persen responden mempunyai akses internet pada PC-nya dan hanya sebagian kecil atau 5,97 persen telah menggunakan internet lebih dari sepuluh tahun.

Kebanyakan dari responden, lanjut Yanuar, sudah menggunakan internet antara 6-10 tahun dan sebagian baru menggunakan internet tiga tahun belakangan ini.

Ketersediaan infrastruktur di Indonesia juga dinilai Yanuar belumlah dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Walau internet secara teknologi sudah semakin maju namun aksesnya belum sampai pedalaman.

Selain itu, menggunakan internet secara ‘sehat’ juga tak hanya sebatas bisa menggunakan tapi juga harus dididik dari sisi konten. “Dalam memberikan pelajaran soal internet kita tidak bisa hanya memberitahu mereka tentang pengunanaan internet, hal itu akan berakibat fatal,” tambahnya.

Karena internet bukan sekedar black box, tidak serta merta kita mengharapkan orang yang kita berikan pengetahuan tentang internet akan menggunakan internet sesuai harapan kita, lanjutnya.

Salah satu penyebab terhambatnya kemajuan bangsa kita, adalah minimnya ketersediaan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang dapat diakses secara merata oleh masyarakat di seluruh wilayah negara. Banyak hal yang terjadi di belahan dunia, luput dari perhatian kita hanya karena kendala tersebut. Pada saat bangsa-bangsa lain melangkah maju, kita masih saja tertinggal di belakang. Untuk mengejar ketertinggalan ini, dibutuhkan upaya serius dan kerja keras. Naif sekali jika kita masih saja berpangku tangan. Asal kita mau, kita pun pasti bisa. Bagaimana dengan Anda?

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: