Alif News


Dilema Konspirator Gaza: Hentikan Serangan atau Lanjutkan Pembantaian?
10 Januari 2009, 6:51 am
Filed under: Nestapa Palestina, Zionis Bengis | Tag:

'Three Biggest Loser in The World'

'Three Biggest Loser in The World'

Para pengamat Israel menegaskan bahwa perang yang dilakukan oleh militer Israel ke Gaza memasuki fase sulit dan pelik. Mereka menegaskan bahwa pukulan keras pertama dan mengagetkan oleh Israel sudah selesai. Keberhasilan-keberhasilan militer yang mengundang decak kagum sudah mulai menurun dan musuh (perlawanan Palestina) mulai bangkit dan berkobar, menunjuk serangan roket Al-Qassam beberapa hari terakhir.

Pengamat politik Israel di harian Haaretz Israel, Alov Ben menyebut bahwa konflik (perbedaan) antara elit Israel soal apakah perang akan dilanjutkan atau dihentikan sudah mulai menggulir. Ia menyatakan, Israel sebelumnya ingin melanjutkan perangnya menghabisi Hamas. Namun target yang sudah disiapkan sebelum perang sudah mulai berakhir.

Alov melansir sejumlah laporan media bahwa perbedaan elit Israel itu seharusnya menjadi isyarat pentingnya mengambil pelajaran dari perang Libanon tahun 2006. Ia mengisyaratkan bahwa kaitan antara perang Israel kali ini dengan pemilu Israel tahun depan sangat erat.

Ia menilai bahwa fase saat ini mengharuskan elit-elit politik Israel mengambil sikap meneruskan perang darat ke Jalur Gaza dan perang dengan Hamas atau cukup dengan ancaman dan berusaha menciptakan gencatan senjata.

Pengamat Israel ini mengisyaratkan bahwa perbedaan soal kelanjutan perang itu akan dimulai dengan masalah masa perang dan model yang akan ditempuh Israel. Sebagian menyebutkan bahwa operasi perang kali ini akan berlanjut antara tiga hingga empat pekan. Jika perang darat terjadi, menurut Alov, pemerintah Israel sudah menyiapkan kembali menjajah Gaza namun kementerian luar negeri Israel memperkirakan perang akan dihentikan dalam waktu yang lebih dini.

Ia mengaitkan antara perang Israel kali ini dengan upaya Menhan Israel Ehud Barack yang ingin meraup dukungan dari publik Israel. Ia menyatakan bahwa bukti menyatakan, yang untung dalam perang ini adalah Barack yang popularitasnya di kalangan publik Israel semakin kuat dibanding Menlu Israel Tsipi Livni.

Ben Alov menambahkan bahwa elit di Likud memperkirakan bahwa jika popularitas Israel menguat kepada Barack akibat perang ini maka Benjamen Netanyahu, ketua Likud terpaksa akan menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata. Ia menegaskan bahwa kemungkinan elit Israel yang sedang berselisih akan menghadapi kesulitan jika pertempuran terus berlanjut. Sementara para diplomat menegaskan bahwa perang ini akan berlanjut hingga Israel kehilangan dukungan internasional.

Sementara itu, pengamat Israel di harian Yediot Aharonot, Nahom Barnaya’ menulis dalam artikelnya dengan judul “Ingat 2006” bahwa perang Israel selalu memberikan pelajaran bahwa tahap awal perang yang berhasil tidak menjamin menang hingga akhir.

Ia mengisyaratkan bahwa politikus Israel mencampuradukkan antara perang dengan politik. Operasi militer selalu menjadi bagian dari permainan politik, tuturnya. Namun nafas politikus kali ini sangat berat. Sebab kekuatan Hamas dalam ‘melihat asap’ di Gaza menjadikan Israel cenderung melupakan operasi militer dan terpaksa melakukan gencatan senjata dengan syarat yang ditetapkan Israel. Tujuan ini disepakati oleh Olmert dan Barack dimana operasi ini bertujuan tidak menjajah Jalur Gaza.

Sementara sumber dari Hamas menyebutkan bahwa serangan Israel itu sudah dirasakan olehnya dan pihaknya sudah menyiapkan diri untuk menghadapi situasi yang lebih sulit. Hamas menegaskan bahwa semua upaya untuk menjatuhkannya dan menjatuhkan proyek Islami akan gagal. Hamas mengancam Israel agar secepat mungkin keluar dari Gaza. Karena bila tidak, Hamas siap menghadapi mereka hingga berbulan-bulan lamanya. Yang berarti pula akan semakin banyak korban dan kerusakan di pihak Israel.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: