Alif News


Hamas : Indonesia dan ASEAN bisa tekan Israel di PBB
25 Januari 2009, 12:30 pm
Filed under: info palestina | Tag:

Indonesia dan ASEAN untuk Palestina

Indonesia dan ASEAN untuk Palestina

Indonesia sebagai negara yang besar memiliki peran strategis dan penting untuk menekan Israel di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), antara lain agar negara Zionis itu mencabut blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza, Palestina, kata seorang jurubicara Hamas.

“Indonesia berserta negara-negara di ASEAN dapat mengambil langkah-langkah kongkret antara lain dengan menekan Israel supaya mencabut blokade sehingga bantuan kemanusian internasional dapat segera didistribusikan kepada warga Gaza,” kata jubir Hamas yang juga staf khusus Perdana Menteri Palestina Ismail Haniye, Sammi Abu Uzair, kepada ANTARA di gedung RRI Jakarta, Sabtu (24/1)


Seperti dikutip Antara, Sammi merasa haru dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan pemerintah dan rakyat Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina.


Sammi melakukan kunjungan lima hari di Indonesia. Israel menggempur Jalur Gaza selama tiga pekan sejak 27 Desember 2008 dan memberlakukan gencatan senjata sepihak minggu lalu. Serangan selama 22 hari lewat darat, laut dan udara tersebut menewaskan 1.330 orang, sebagian anak-anak dan wanita, dan mencederai 5.450 orang, kata petugas medis.


Pemerintah Palestina menyatakan lebih 4.000 rumah hancur dan 17.000 bangunan lainnya termasuk masjid, sekolah dan rumah sakit rusak akibat serangan pasukan Israel.


Ia mengatakan selama blokade dan di bawah gempuran pasukan Israel yang tiada henti, warga Palestina di Jalur Gaza hidup merana antara lain tanpa kebutuhan pokok, pasokan listrik dan air.


“Serangan-serangan biadab Israel itu mengundang kutukan dari berbagai masyarakat di seluruh dunia yang bersimpati kepada warga Palestina,” ujarnya.


Menurut dia, rakyat Arab antusias mendukung Palestina dan sebagian pemerintah di Timur Tengah menyokong tapi sebagian kecil lagi diam saja.

Dalam wawancaranya dengan RRI Pro 3 FM yang disiarkan langsung, Sammi menegaskan bahwa Israel merupakan penjajah di tanah Palestina.

“Mereka bukan membela diri dan menggunakan peralatan tempur di Gaza, yang tak sebanding dengan senjata yang dimiliki Hamas,” ujarnya.

Ditambahkannya, pasukan Israel telah membunuh ratusan warga sipil yang tak berdosa termasuk anak-anak dan menyerang sekolah-sekolah. Mereka juga menggunakan senjata fosfor yang dilarang dunia nternasional.

“Ini sebuah peperangan bukan bela diri dan mereka memang penjajah yang harus dilawan,” ujarnya.

Karena itu, kata Sammi, sudah pantas para pemimpin Israel termasuk PM Ehud Olmert diseret ke mahkamah internasional karena bertanggung jawab atas serangan-serangan pasukan Israel atas Gaza.


Pada bagian lain ia juga menyinggung peran Amerika Serikat di bawah Presiden Barack Obama yang menggantikan George W. Bush.


Ia mengatakan Obama pernah mengeluarkan pernyataan yang tak tepat agar Hamas menghentikan serangan roket ke wilayah Israel.


“Kami akan lihat kebijakan-kebijkan Obama ke depan tapi dia pernah membuat pernyataan sama dengan Bush,” ujarnya.


Presiden Obama tak akan mampu mengubah politik luar negeri AS soal Palestina dan Israel karena lobi Yahudi di AS begitu kuat mempengaruhi pemerintah AS. Tak ada perubahan politik terkait Palestina, kecuali sedikit perubahan kebijakan di negara-negara lain seperti Irak dan Afghanistan, katanya.


Ia mengatakan pihaknya berharap pemerintahan Obama dapat melindungi hak-hak rakyat Palestina dengan mengubah sikap-sikap yang diambil para pendahulunya.


Ketika ditanya hubungan faksi-faksi di Palestina, jubir Hamas itu mengatakan kelompok Hamas dan Fatah tak bermasalah tapi para pemimpin keduanya yang berbeda pandangan.

Menurut dia, para petinggi Fatah lebih mendekat kepada Israel dan Amerika Serikat dan mereka menangkapi para pejuang Palestina.

Pada Jumat, Sammi bertemu Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan Ketua DPR Agung Laksono dalam pertemuan terpisah di Gedung DPR/MPR Jakarta.

Iklan

1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

[…] Sumber: Alif News […]

Ping balik oleh Hamas : Indonesia dan ASEAN bisa tekan Israel di PBB « Jakfary-STAIN Salatiga




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: