Alif News


Mata-Mata Elektronik Sadap Kedubes RI
31 Maret 2009, 6:51 am
Filed under: Politik, Teknologi | Tag:

Jaringan mata-mata elektronik menerobos masuk 1.295 komputer kantor pemerintahan dan organisasi swasta di 103 negara. Komputer Kementerian Luar Negeri Bangladesh, Barbados Bhutan, Brunei, Filipina, Iran, Indonesia, dan Latvia menjadi targetnya. Pengacau yang sama juga sudah merasuk ke sistem di Kedubes Indonesia, India, Korsel, Rumania, Siprus, Malta, Thailand, Taiwan, Portugal, Jerman, dan Pakistan. Jaringan yang berhubungan dengan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama pun turut disadap.

Walaupun spionase itu berbasis di Tiongkok, peneliti mengatakan, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Negeri Panda berada di belakang mereka. Beijing pun sudah membantahnya. Peneliti tidak dapat menguak identitas maupun motivasi mereka.

Dilansir oleh Associated Press kemarin (29/3), penelitian spionase berbasis jaringan komputer itu dilaksanakan oleh IWM (Information Warfare Monitor) yang terdiri atas peneliti Ottawa. Mereka adalah pemikir dari kelompok SecDev dan Pusat Munk Universitas Toronto untuk kajian hubungan internasional. Investigasi mereka berlangsung selama sepuluh bulan, dan laporannya dirilis online.

Untuk menyadap informasi rahasia sejumlah negara itu, jaringan spionase online menggunakan malware (malicious software) -peranti lunak nan jahat yang disebut sebagai GhostNet. (JP)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: