Alif News


KRITERIA MANUSIA LALAI KEPADA ALLAH SWT.
23 Agustus 2009, 11:42 pm
Filed under: Al Muhibbin | Tag: ,
PICT0170

Ust Zahir Yahya dlm Acara Sambut Ramadhan

Bulan Ramadhan di ajang spiritualitas merupakan awal tahun. Bulan ini merupakan musim semi dan ibarat tumbuhan yang sudah lama gugur kemudian bersemi kembali dimana jiwa-jiwa yang telah sekian lama jauh dari keharibaan Allah SWT. Jiwa-jiwa yang hampir mati seharusnya bersemi kembali sebagaimana musim semi di bulan Ramadhan. Bagi mereka para ulama bukan bulan muharram sebagai awal tahun melainkan bulan Ramadhan sebagi awal tahun.

Menjelang kehadiran bulan Ramadhan ini layaknya seseorang akan membersihkan dirinya dengan melakukan rencana ataupun gerakan-gerakan baru di awal bulan Ramadhan.  Sesuai dengan Do’a Ramadhan di hari pertama “Ya Allah, jadikan puasaku dihari pertama sebagaimana orang-orang yang benar-benar berpuasa, Ya Allah, jadikan Ibadahku didalamnya sebagaimana orang – orang yang benar-benar beribadah. Ya Allah sadarkan aku di awal Ramadhan dari tidur orang-orang yang lalai ampuni kesalahanku dan maafkan aku”

Ada beberapa penekanan berkenaaan dengan pembahasan kelalaian. Makna kelalaian adalah kondisi lupa karena kurangnya kesadaran dan keterjagaan yang menyebabkan kelalaian pada kondisi seseorang. Kondisi lalai juga merupakan kondisi yang menurunkan martabat manusia yang lebih rendah dari binatang. Sehingga di letakkanya dia sebagai bahan bakar neraka jahanam. Sebagaimana Allah berfirman “ Sungguh telah kami ciptakan banyak dari kalangan jin dan manusia untuk nantinya memenuhi neraka  jahanam sebagaimana manusia di ciptakan dengan di beri akal supaya mereka berpikir  dengan menggunakan indranya untuk beribadah kepada Allah SWT ”

Orang – orang seperti di atas di dalam Al-Qur’an di kriteriakan sebagai orang-orang yang lalai. Masalah kelalaian ini  adalah masalah yang membedakan kita sebagai insan dan hewan. Ayatullah Jawadi Amuli mengatakan bahwa sangat naïf apabila pada bulan Ramadhan hanya punya harapan terbebaskan dari api neraka sebagaimana binatang dan orang gila yang di bebaskan dari api neraka.Makna lalai juga dapat diartikan sebaga tidak melakukan perhitungan sesuatu yang sudah dilakukan dalam setiap harinya dengan kata lain melewatkan hari hari begitu saja sebagaimana Imam Musa mengatakan “Sungguh, bukan termasuk pengikutku bagi orang yang tidak melakukan perhitungan amal kebaikan dan keburukan  setiap hari  di akhir harinya”. Imam Ali juga meriwayatkan bahwa “kehidupan ini ada  dua macam yang di mana kita di beri kesempatan berbuat baik sebagaimana melakukan perhitungan setiap harinya dan kehidupan kedua dimana tidak kesempatan untuk melakukan muhasabah, kondisi seperti itu termasuk orang-orang yang lalai”.

Kita harus perlu mencari banyak kiat-kiat supaya terbebas dari kelalaian dalam keseharian kita dengan memeperhatikan hal-hal ibadah dan muamalah yang menyadarkan kita supaya tidak terjatuh dari perbuatan dosa-dosa.

Imam Ja’far Shodik mengatakan pada seorang pendosa “Anda boleh melakukan dosa akan tetapi jangan dibumi Allah, jika hal tersebut tetap dilakukan maka janganlah engkau berbuat dosa dengan menggunakan fasilitas yang Allah berikan” dan apabila masih tetap berbuat maka kiat terakhir dalam rangka menyadarkan pendosa tersebut beliau juga mengatakan “Anda boleh berbuat dosa dibumi Allah dan menggunakan kenikmatan yang Allah berikan akan tetapi jangan berbuat dosa di hadapan Allah SWT.

Imam Khomaini juga mengatakan “Alam semesta ini adalah seluruhnya kehadirat Allah SWT ”.

Oleh sebab itu marilah di bulan suci Ramadhan ini kita jadikan awal untuk memperbaiki kesempurnaan agama kita sebagai bukti bahwa diri kita adalah manusia, muslim atau mukmin yang berkeyakinan terhadap Allah dengan tidak llalai terhadap perilaku yang melanggar atuaran-aturan-NYA. [mehdi] transkrip dari ceramah yang di sampaikan Ust. Zahir Yahya


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: