Alif News


Ajib! Olahraga Air Bakar Lemak Lebih Banyak
27 Agustus 2009, 2:48 pm
Filed under: Kesehatan | Tag: ,

Mengapa kiranya kata ma’ [air]  demikian banyak terdapat dalam Al-Qur’an? Kata itu berjumlah 53 dan  terdapat di dalam 50 ayat Al-Qur’an. Yang jelas, tak mungkin itu suatu hal tanpa arti. Karena sebagaimana yang kita yakini, dalam Kitab Suci tersebut, seringkali pula dibuktikan sejarah dan ilmu pengetahuan, begitu banyak hal-hal ‘tersembunyi’ yang baru terkuak setelah berabad-abad diturunkannya.

Bagi yang pernah membaca sebuah keajaiban nan indah yang terdapat pada kristal air, hasil penelitian seorang ahli dari Jepang, berikut ini kami postingkan salah satu keajaiban lain dari air, ditilik dari sudut biokinetik & kesehatan.

Niat & Tempat Pengaruhi Hasil Akhir

Niat & Tempat Pengaruhi Hasil Akhir

Tidak merasa ada perubahan pada tubuh setelah berolahraga di tempat fitness atau lari mati-matian di stadion? Cobalah lakukan kegiatan olahraga itu di dalam air dingin karena efektif membakar lemak lebih banyak.

“Olahraga di air sama bermanfaatnya dalam membakar kalori seperti berlari atau karate, bahkan lebih baik dan efektif. Viskositas dan berat jenis air menghasilkan efek yang baik bagi tubuh,” ujar pakar olahraga air, Mary Sander seperti dikutip dari Health24, Selasa (24/8/2009).

Tidak merasa ada perubahan pada tubuh setelah berolahraga di tempat fitness atau lari mati-matian di stadion? Cobalah lakukan kegiatan olahraga itu di dalam air dingin karena efektif membakar lemak lebih banyak.

“Olahraga di air sama bermanfaatnya dalam membakar kalori seperti berlari atau karate, bahkan lebih baik dan efektif. Viskositas dan berat jenis air menghasilkan efek yang baik bagi tubuh,” ujar pakar olahraga air, Mary Sander seperti dikutip dari Health24, Selasa (24/8/2009).

Melakukan kegiatan berlari sprint (pendek) di dalam air dingin, terbukti membakar 70 kilojoule per menitnya pada wanita dengan berat badan 65 kg. Hal ini sama saja dengan berlari selama 5 menit per kilometer di darat.

Berlari di dalam kolam renang dengan menggunakan pemberat tubuh dan kaki menyentuh dasar dapat membakar 50 kJ per menitnya, sama dengan 10 menit per kilometer di darat. “Anggap saja kolam renang sebagai ruangan berair,” ujar Sanders.

Dengan menggunakan ikat pinggang pemberat tubuh, berlarilah selama 20-45 menit di dalam air dengan kaki menyentuh dasar tapi tinggi air sekitar dada.

Berlarilah dari tempo cepat hingga melambat dan ulangilah 5 hingga 10 kali. Jika Anda ingin menambah semangat, dengarkanlah musik menggunakan MP3 yang anti air.

Untuk pemula, sebaiknya berlarilah dengan jarak yang tidak terlalu jauh, cukup 0,5 meter dari dinding kolam. Atur posisi dengan badan tegap kemudian berlarilah menuju dinding tersebut.
Setelah mencapai dinding, lakukan gerakan menendang balik dinding dan berlarilah ke arah yang berlawanan dari sebelumnya atau lakukan gerakan zigzag.

Melakukan olahraga di air sangat berbeda dengan berolahraga di darat. Tekanan di dalam air lebih besar sehingga tenaga yang diperlukan pun akan lebih banyak dan hal itu akan mendorong seseorang untuk membakar kalorinya lebih banyak pula.

“Air adalah media ajaib yang sangat baik untuk berolahraga. Selain karena tidak ada efek gravitasi yang melawan tubuh dari satu arah, di dalam air justru terdapat gaya hidrostatik yang bekerja dari seluruh arah, sehingga seluruh otot-otot tubuh akan terpakai,” ujar Brent Walsh, seorang instruktur air dan biokinetik dari Sports Science Institute of South Africa (SSISA).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: