Alif News


Keajaiban Aktivitas Otak Saat Kita Tidur
4 September 2009, 11:31 pm
Filed under: Yang Unik-Unik | Tag: ,
Mata Terpejam Otak Tetap Kerja

Mata Terpejam Otak Tetap Kerja

Ilmuwan telah lama ingin mengetahui apa yang terjadi di dalam otak manusia ketika sedang tidur. Anda mungkin saja tidak sadar, tetapi sel otak anda akan tetap sibuk dengan aktifitasnya. Neuron, sel otak yang mengandung elektris, menyebabkan otak anda terus menerus berdengung bahkan ketika tubuh anda sedang beristirahat.

Dalam penelitian terakhir, sekelompok ilmuwan menemukan bahwa neuron beristirahat secara berkala ketika seseorang berada dalam kondisi tidur yang pulas. Neuron yang berhenti bekerja membantu orang untuk tidur, bahkan ketika mereka mendengar suara-suara ataupun disentuh. Sydney Cash, seorang ahli neurologi dari Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Sekolah Kedokteran Harvard di Boston, dan kelompoknya menemukan cara untuk mempelajari aliran listrik di otak, baik di dalam maupun diluar otak.

Para ilmuwan menggunakan peralatan yang berbeda untuk mempelajari elektris di otak. Salah satu yang paling berguna adalah EEG, atau electroencephalogram. EEG mewakili aktifitas otak dengan grafik-grafik yang terlihat seperti seri panjang dari bentuk gelombang yang berbeda. Tinggi, lebar dan kedekatan dari gelombang-gelombang tersebut memberikan tanda kepada para ilmuwan atas apa yang terjadi di dalam otak manusia. Meski mereka dapat mempelajari pola, akan tetapi, para ilmuwan tetap saja tidak dapat mengetahui apa penyebab bentuk gelombang tersebut.

K-Kompleks
Dalam penelitian yang diketuai oleh Cash, para peneliti sangat tertarik pada bentuk garis lekuk-lekuk EEG yang dinamakan sebagai K-kompleks. Bagi orang awam yang tidak mengerti pola EEG, K-kompleks terlihat seperti garis lekukan yang lebih lebar dari garis di sekelilingnya. Bagi seorang ilmuwan, K-kompleks menunjukkan perubahan signifikan atas aktifitas elektris otak.

K-Kompleks

K-Kompleks

K-kompleks akan muncul di EEG ketika seorang yang tertidur pulas mendengar suara atau ketika tidurnya terganggu. Atau juga garis lekuk ini akan muncul oleh alasan lainnya.

Akan tetapi EEG tidak dapat menunjukkan semuanya. EEG hanya mengukur signal elektris – termasuk K-kompleks – di bagian luar dari otak. Dalam penelitian baru, para ilmuwan menemukan cara untuk melihat ke dalam otak. Mereka meneliti pasien penderita epilepsi. Epilepsi dipercaya disebabkan oleh neuron yang terlalu aktif.

Dalam pembedahan, orang yang menderita epilepsi memiliki elektroda kecil yang dipasang di bagian dalam otak mereka. Elektroda tersebut juga digunakan untuk mempelajari aliran elektis, dan para dokter berharap bahwa perangkat tersebut dapat menolong mereka menemukan sumber dari penyakit epilepsi.

Cash, yang juga mempelajari epilepsi, menyadari bahwa beberapa elektroda dapat digunakan untuk mempelajari aktifitas elektris di dalam otak dan pada saat yang bersamaan EEG akan menunjukkan kepada para ilmuwan apa yang terjadi di permukaan. Dengan membandingkan dua informasi tersebut, para ilmuwan berharap dapat lebih memahami aktifitas otak manusia.

Mereka benar. Ketika pasien tertidur, Cash dan kelompoknya mengambil data dari EEG dan juga dari elektroda. Mereka menemukan bahwa ketika EEG menunjukkan K-kompleks, akan terjadi penurunan aktifitas dalam otak. Dengan kata lain, K-kompleks adalah tanda di bagian luar otak, bahwa neuron di dalam otak sedang beristirahat. Jeda ini membantu orang untuk beristirahat. Penelitian Cash juga menunjukkan bahwa K-kompleks tidak tersebar ke seluruh otak, yang artinya hanya beberapa neuron yang beristirahat dalam waktu tertentu.

Otak telah lama menjadi satu dari bagian yang paling misterius dalam tubuh manusia. Penelitian seperti ini akan membantu para ilmuwan untuk membuka wawasan atas bagaimana otak manusia bekerja – dan kemungkinan akan menunjukkan bagaimana sirkuit dalam otak manusia bekerja. Mengerti bagaimana sifat neuron berprilaku sangat penting, tetapi para ilmuwan juga perlu mengetahui apa yang dilakukan oleh sel tersebut ketika mereka sedang tidak bekerja. Penelitian ini menunjukkan, neuron beristirahat, dengan demikian anda juga dapat beristirahat.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: