Alif News


Detik-detik Menjelang Yaumul Quds
17 September 2009, 9:50 pm
Filed under: info palestina

Menjelang peringatan Hari Al-Quds Sedunia, sejumlah tokoh Palestina dan Lebanon, mengharapkan perhatian dunia Islam terhadap Baitul Maqdis dan Masjid Al-Aqsha. Abu Emad Ramiz, anggota Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina di Lebanon, dalam wawancaranya dengan IRIB di Beirut mengatakan, penyelenggaraan Hari Al-Quds di seluruh dunia merupakan momentum untuk mengingatkan betapa pentingnya masalah Palestina dan untuk menyingkap kejahatan rezim Zionis terhadap masyarakat Palestina.

Di lain pihak, seorang ulama Ahlussunnah, Syeikh Mahir Hamud menilai hari AlQuds sebagai hari revivalisasi salah satu nilai sakral penting umat Islam. Dalam wawancaranya dengan kantor berita IRNA, seraya mengapresiasi Imam Khomeini ra dalam menamakan hari Jum’at terakhir bulan Ramadhan sebagai Hari Al-Quds Sedunia, Syeikh Hamud juga mengatakan, semakin berlalu sejak hari bersejarah penamaan Hari Al-Quds, semakin tersingkap pula dimensi baru ide dan pesan Imam Khomeini tersebut. Dikatakannya, dengan mengumumkan Hari Al-Quds, Imam Khomeini telah menampilkan kemurnian pemikiran dan ideologi Islam dalam membela kaum tertindas dunia khususnya bangsa Palestina.

Seorang penulis dan peneliti Palestina, Ali Badwan, dalam hal ini mengatakan, bangsa Palestina tengah berada dalam kondisi yang sangat sulit dan Hari Al-Quds merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk membantu mereka dan menyatakan solidaritas terhadap bangsa Palestina dalam melawan rezim Zionis Israel. Ditambahkannya, Hari Al-Quds, bagi bangsa Palestina merupakan hari ketika umat Islam menyatakan solidaritas dan dukungan mereka terhadap bangsa Palestina. Penulis Palestina ini lebih lanjut menjelaskan, para pejuang Palestina sebagai perwakilan dari seluruh umat Islam dunia akan tegar melawan rezim Zionis dan bangsa pejuang ini patut mendapatkan dukungan besar dari semua pihak.

Menteri Urusan Wakaf Palestina, Mahmoud Al-Habash, dalam pesannya kepada para menteri urusan wakaf dan menteri agama negara-negara Arab dan Islam, menekankan pentingnya pelaksanaan Hari Al-Quds seraya mengharapkan pidato pada hari Jum’at terakhir bulan Ramadhan difokuskan pada krisis Palestina. Al-Habash juga menekankan pentingnya bantuan kepada Baitul Maqdis dan Masjid Al-Aqsha, serta mengutuk aksi ilegal rezim Zionis Israel dalam program judaisasi dan penghancuran nilai-nilai islami di kiblat pertama umat Islam.

Syeikh Afif Nablusi, Ketua Ulama Jabal Amil Lebanon, dan Ilyas Rihal, Uskup Lebanon dalam wawancara secara terpisah dengan televisi Al-Alam, menekankan pentingnya partisipasi umat Islam pada peringatan Hari Al-Quds. Adapun Jurubicara Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Sami Abu Zuhri mengatakan, Hari Al-Quds merupakan hari yang sangat penting karena tujuannya adalah untuk mengenang Baitul Maqdis dan melanggengkan masalah Palestina di benak-benak seluruh umat manusia.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: