Alif News


Hari Al Quds : Hari Pembebasan Palestina
18 September 2009, 7:00 am
Filed under: info palestina, Iran Hebat, Taklif | Tag: , , ,

Hari ini adalah hari Jumat terakhir bulan Ramadhan, bangsa Iran secara serentak kembali turun ke jalan-jalan untuk mendukung bangsa tertindas Palestina pada Hari Al-Quds Sedunia. Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad belum lama ini (Rabu,16/9) seusai rapat kabinet, kepada wartawan menuturkan, “Masalah Palestina bukan sebuah masalah yang berhubungan dengan sepetak tanah dan masyarakat tertentu atau bahkan umat Islam saja, namun problema umat manusia.” Ahmadinejad menilai sumber sebagian besar problema umat manusia termasuk ketidakamanan, kezaliman, kesenjangan sosial, ancaman, dan arogansi ada dalam krisis Palestina.
Ahmadinejad mengatakan, “Dalam krisis Palestina terjadi penistaan atas kemuliaan dan hak asasi manusia dan juga hak untuk menentukan masa depan yang termasuk prinsip-prinsip piagam HAM, oleh karena itu mendukung bangsa Palestina sama dengan membela kemuliaan manusia dan juga menghapus pelanggaran hak asasi manusia. Pandangan seperti ini tidak hanya terbatas pada hak-hak bangsa Palestina, tapi dituntut mengamalkan tugas dan tanggung jawab global.”
Hal sedana juga diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran, Manoucher Mottaki bertepatan dengan peringatan Hari Al-Quds Sedunia. Seraya menyinggung pengesahan deklarasi dunia Islam tentang hak asasi manusia di Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan juga penetapan Hari HAM dan Kemuliaan Manusia pada sidang sebelumnya organisasi ini, Mottaki mengatakan, “Peringatan Hari Al-Quds Sedunia berbarengan dengan pelanggaran HAM secara menyeluruh bahkan hak mereka yang paling dasar yaitu hak untuk hidup dan memiliki tempat tinggal.”
Selama ini, Bangsa Iran selalu terdepan dalam membela bangsa Palestina. Mereka yakin bahwa penyelesaian akar krisis harus dilakukan atas dasar prinsip saling menghormati hak bangsa-bangsa di dunia dan menciptakan keadilan. Bangsa Iran juga menilai perdamaian permanen di Timur Tengah akan tercipta dengan menjunjung prinsip-prinsip tersebut. Penyelenggaraan Hari Al-Quds Sedunia juga didasari oleh prinsip ini. Pendiri Republik Islam Iran, Imam Khomeini ra merupakan pencetus Hari Al-Quds Sedunia. Umat Islam sedunia kini mulai memahami pesan Imam Khomeini ra dan setiap tahunnya mereka memperingati hari agung ini dengan turun ke jalan-jalan menuntut keadilan. Lewat aksinya, umat Islam menyampaikan pesan ini kepada dunia, bangsa-bangsa yang merdeka, dan para penuntut keadilan.
Hari Al-Quds Sedunia merupakan penegas atas penyelesaian masalah dasar umat manusia yaitu hak untuk menentukan masa depan dan menghapus penjajahan. Solusi krisis Palestina juga menghormati hak menentukan masa depan dan mengakhiri pendudukan tahan Palestina. Kali ini peringatan Hari Al-Quds Sedunia juga ditujukan untuk mengutuk kejahatan Rezim Zionis Israel terhadap bangsa Palestina dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mulai mengakui kebejatan rezim ini.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: