Alif News


Indonesia – Iran Banyak Kesamaan Kosa Kata
12 November 2009, 12:59 pm
Filed under: Hubungan Bilateral Indonesia-Iran | Tag: , , , , ,
behrouz

Dubes Iran: Behrooz Kamalvandi

Iran dan Indonesia ternyata  memiliki kemiripan budaya. Salah satunya adalah bahasa. Beberapa kosa kata dari bahasa Indonesia memiliki banyak kesamaan dengan kata-kata dari Bahasa Parsi, yang digunakan rakyat Iran.

 

“Pada bulan-bulan pertama bertugas di Jakarta, saya terkejut mendengar beberapa kata yang diucapkan orang Indonesia ternyata sama dengan bahasa yang kami pakai,” kata Behrooz Kamalvandi, duta besar Iran untuk Indonesia.

Kamalvandi menilai bahwa persamaan banyak kosa kata antara kedua bangsa menggambarkan bahwa kebudayaan Iran dan kebudayaan Indonesia sangat berpengaruh dan memiliki kesamaan. “Sebagai duta besar Republik Islam Iran adalah suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saya selama bertugas di sini,” kata Kamalvandi.

Oleh karena itulah, menurut Kamalvandi, Kedutaan Besar Iran pertengahan tahun ini telah menerbitkan sebuah buku pedoman yang berjudul “Iran: Tanah Peradaban.”

Menariknya, selain memperkenalkan aspek-aspek sosial dan budaya Iran, buku itu juga menunjukkan banyaknya kosa kata bahasa Indonesia – yang sebagian bersumber dari bahasa Melayu – yang memiliki kesamaan dengan kosa kata dari Bahasa Parsi.

Sejumlah kata-kata itu, diantaranya: acar, anggur, istana, ustad, ini, baju, bumi, pahlawan, piala, tamasya, takhta, tong, jam, cara, taman, daftar, dewa, dewan, dua, dan lain-lain.

Buku itu menyatakan bahwa para peneliti Melayu, dalam berbagai buku, tidak memperhatikan eksisnya bahasa Parsi di dalam bahasa Melayu karena kata-kata Parsi disebut sebagai kata-kata Arab. “Namun, beberapa hasil penelitian para peneliti Melayu dan Eropa menunjukkan adanya pengaruh bahasa Persia [Parsi] ke dalam bahasa Melayu,” tulis buku itu.

Iklan

1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

waduh baru tau tuh
http://www.majestad.wordpress.com

Komentar oleh eemoo




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: