Alif News


IRAN SELENGGARAKAN FESTIFAL FILM
31 Oktober 2010, 1:31 pm
Filed under: Aktualita

FILM REEL

Sekitar 86 film dari 32 negara akan ikut ambil bagian dalam seksi sinema internasional pada Festival Film Pendek Internasional Teheran (TISFF) yang diadakan 19-24 November.

Negara-negara peserta pada festival itu termasuk Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Venezuela, Kuba, Taiwan, Kroasia, Australia, Bulgaria, Skotlandia, Belgia, Romania, Kanada, India, China, Denmark, Inggris, Brazilia, Italia, Argentina, Norwegia, Swedia dan Yunani.

Sekitar 14 film Iran juga akan ditampilkan dalam seksi sinema internasional dalam festival itu.

AS akan ikut ambil bagian dalam festival dengan menampilkan empat film.

Beberapa negara Islam juga turut mengajukan delapan belas produksi terbaru mereka pada Festival Film Pendek Internasional Teheran (TISFF) edisi 27 yaitu Turki, Lebanon dan Singapura yang memiliki jumlah tertinggi film yang dikirim oleh negara-negara Muslim dengan 38, 22 dan 18 produksi masing-masing. 

“Panitia seleksi Festival akan memilih film terbaik untuk diikut sertakan pada kompetisi,” kata direktur festival Hashem Mirzakhani.

Parviz Sheikhtadi, Seyyed Morteza Seyyedinejad dan Milad Dokhanchi adalah anggota komite seleksi tahun ini.

Menurut Fars News Agency, film-film internasional yang dikirim untuk festival tahun ini meliputi 340 Asia, Eropa 1.783, 427 Amerika, 140 film Afrika serta 49 celana pendek dari kawasan Asia-Pasifik.

Prancis (411), Jerman (213), Spanyol (188), Inggris (182) dan Brasil (169) adalah lima pertama negara dengan jumlah tertinggi film dikirim untuk bagian internasional.

negara anggota Organisasi Kerjasama Ekonomi (ECO) juga telah mengirimkan 43 produksi film sementara Turki peringkat pertama dalam jumlah pengiriman.

Diselenggarakan oleh Iran Young Cinema Society (IYCS), anggota dari International Film Pendek Konferensi (ISFC), sementara TISFF 2010 sendiri akan diadakan untuk level nasional dan internasional.

Acara tahunan yang akan diselenggarakan dari 19-24 November, skrining narasi, dokumenter, film pendek eksperimental dan animasi. 

92 film dari 40 negara berpartisipasi dalam festival tahun lalu dan film “Last Regal King Size” dari Skotlandia menerima Penghargaan Terbaik untuk Film Internasional.




Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: