Alif News


JAUSAN tetap eksis dalam kondisi apapun
13 November 2010, 2:59 pm
Filed under: Aktualita

JAUSAN logo

07 November jam 20:14

Info dari pos pengungsi Batalyon Inf 403: prioritas utama saat ini, vitamin, antibiotik, analgesik dan mukena. Data rinci akan diinfokan lebih lanjut. Team Jausan merapat ke TKP

08 November jam 11:12

*    Baru saja selesai sulplay logistik dan obat utk 172 orang pengungsi yg terpencil.

*    Up Date posisi Posko Jausan: Desa Taman Martani, Dukuh Bogem, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. Geo Position: S 07.75243 E 110.48500. Thanks.

09 November 2010:

*    Pendataan kebutuhan prioritas pengungsi dan perluasan coverage area ke lokasi pengungsian yg terpencil/ditampung masyarakat, menggalang potensi tim paramedis, tim trauma healing, sounding kebutuhan prioritas pengungsi keberbagai potensi, monitoring perkembangan merapi melalui frekwensi radio komunikasi,memberikan reporting dan rekomendasi kepada BNPB dan Pemda. Selesai.

saat tiba di lereng merapi

*    Jumlah pengungsi diposko Jausan (update tgl 9 Nov 2010): 292 orang. Kebutuhan mendesak sbb: obat analgesik, antibiotik, antasida dan vitamin anak, tepung, beras (stok beras saat ini hanya cukup untuk dua hari kedepan), alas tidur, pakaian anak usia 6-10 th, mukena, celana dalam pria, mainan anak-anak. Bantuan dapat di kirim langsung ke Posko Jausan atau via Rekening BCA a/n JAUSAN, No rek: 8160 481 193. Selesai.

*    Seorang teman sesama relawan mengirim sms: “350 pengungsi di Godean besok pagi sudah tidak punya makanan untuk sarapan”.

*    Penggalangan potensi dari berbagai pihak yg dikoordinir Jausan semakin mendapat respon positif. Team Medis, team trauma healing, UGM, Gerakan Kesehatan Indonesia, merapat ke posko Jausan untuk memberikan yang terbaik bagi pengungsi.

 

Distribusi sembako

*    Agenda hari ini: Fokus ke pengembangan area yg minim bantuan, joint venture dg paramedis dan tim trauma healing, ploting area utk playground anak. Selesai.

*   Akhirnya banyak dokter dan tim psikolog yg merapat ke Jausan.

 

*    Total dokter yang bergabung dengan Jausan 6 orang, asisten dokter 18 orang, Team psikolog 35 orang, siap menerima instruksi. Selesai.

*    Jausan Malang Radar Malang Jawa Pos menghubungi Jausan, dan siap mensuplay kebutuhan pengungsi secara rutin di wilayah yang selama ini di cover Jausan

Kalimat diatas adalah kumpulan dari informasi ter-update JAUSAN (Jaringan Antar Umat Solidaritas Kemanusiaan)  melalui facebook seminggu yang lalu hingga sekarang, mereka berangkat secara selektif sebagai team pemula  dari sekian banyak anggota yang berada di berbagai kota  jawa timur, Malang-Probolinggo-Lumajang.

Ada beberapa alasan mengapa pada saat Bencana itu terjadi seperti di merapi sleman Yogyakarta dan Tsunami di mentawai JAUSAN tidak langsung turun mengevakuasi bencana  merapi di karenakan jumlah relawan yang cukup banyak untuk membantu korban sedangkan tsunami di mentawai medan yang sangat sulit membutuhkan keahlian khusus untuk survival dan navigasi agar sampai ke tempat tujuan.

Kita berharap dengan pertisipasi JAUSAN untuk turun ke bencana merapi menjadikan refresh kembali dan memberikan semangat untuk mendapatkan skill yang memadai sehingga kita bisa lebih cepat sigap tanggap dalam mengatasi Negara Indonesia yang letak geografisnya rawan terhadap bencana.

Seperti halnya yang di sampaikan Pembina JAUSAN dalam kutipan Al-Qur’an “Orang baik adalah orang yang lebih banyak manfaatnya bagi orang lain” itulah tujuan kami malakukan aktifitas apapun demi Ridho TUHAN  JAUSAN…. – IDHEM

 

 

 


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: