Alif News


Catatan kecil Sampang
12 September 2012, 10:11 am
Filed under: Aktualita

catatan ini di dapatkan dari posting facebook ustad kami abdillah ba’bud

Sampang, 27 Agustus 2012.

Untuk para kyai dan pejabat yang terlanjur dihormati di Sampang,

Cobalah semayamkan diri sampean dalam i’tikaf malam-malam. Hitunglah hubungan-hubungan global maupun parsial. Kaitan-kaitan makro maupun mikro, sentuhan-sentuhan permanen ataupun temporer, antara hening dan riuh.

Cobalah engkau buka dan arahkan mata dan hati sampean untuk menukik tajam pada fakta aktual tentang kerusuhan dan keberingasan anak-anakmu itu.

Apakah sampean-sampean memiliki kesanggupan untuk memaknai ini semua?
Mampukah sampean yang sudah terlanjur menjadi tokoh yang semestinya bersifat mengatasi kepentingan-kepentingan subyektif diri dan golongan sendiri demi kepentingan yang lebih tinggi? Yakni kepentingan kolektif, kepentingan bangsa secara menyeluruh, kepentingan kerakyatan dan kemanusiaan, dan kalau perlu kepentingan nilai ilahiah yang seharusnya memang dijunjung tinggi – sesuai dengan janji dan gaya sampean sehari-hari?

Dibidang politik sampean boleh menolong golongan manapun, asalkan pertolongan sampean itu berorientasi pada kepentingan seluruh bangsa. Sampean boleh membantu pihak manapun asalkan bantuan itu sampean efektifkan untuk kepentingan seluruh rakyat. Sampean bahkan dianjurkan untuk menolong dan membantu pihak manapun asalkan pertolongan dan bantuan itu bisa sampean temukan relevansi dan idealistiknya dengan nilai-nilai universal keilahian.

Sampean wajib memberikan bantuan tidak saja terbatas pada golongan atau kelompok yang mana. Bahkan, kepada orang lain agamapun sampean wajib menolong pada konteks-konteks tertentu. Kalau ada orang kelaparan, jangan tanya apa agamanya, langsung saja kasih dia makanan. Kalau ada minoritas yg kesepian dan ketakutan, jangan tanya apa golongannya, langsung saja sapa dia dan sayangi dia, agar sampean mendapatkan pintu untuk bersamanya meningkatkan diri menuju kepentingan yang lebih tinggi derajatnya, yaitu nilai keilahian.

(Denny Klenik, Koordinator Relawan Jausan di Sampang)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: